Desktop Environment : GNOME Pada Debian

02.50 Rima Amalia 0 Comments

Desktop Environment : GNOME Debian 

Hai semua kali ini saya akan memberi artikel tentang desktop environment, nah desktop environment itu seperti KDE, Xfce, tapi kali ini saya akan menulis tentang GNOME pada Debian , sebelum saya menjelaskan lebih lanjut tentang GNOME, kita harus mengenal terlebih dahulu tentang Desktop Environment

Desktop Environtment

Desktop environment (DE) dalam aplikasinya berfungsi sebagai sistem yang akan memproses interaksi user secara grafis dengan masukkan baik melalui keyboard ataupun mouse. Selain bertugas mengendalikan interaksi-interaksi dengan user, DE juga memiliki banyak fitur lainnya yang terbagi-bagi ke dalam komponen-komponen tersendiri. Berikut ini merupakan daftar beberapa komponen DE yang dimiliki:
- Window manager, aplikasi DE yang bertugas untuk mengelola interaksi terhadap window.
- Display manager, aplikasi untuk mengelola resolusi layar, dan dukungan multimonitor.
- Taskbar, komponen untuk menampilkan daftar aplikasi yang sedang digunakan oleh user.
- Konfigurasi DE, untuk menampilkan semua konfigurasi yang ada pada DE.
- Theme manager, aplikasi untuk memodifikasi style (look and feel) pada DE.
- Aplikasi pendukung lainnya seperti file manager, text editor, image viewer, audio player, video player dan lainnya.

Apa itu GNOME?

GNOME adalah sebuah software yang digunakan untuk menjadi dekstop environment bagi unix-like atau unix operating system.Misalnya untuk unixlike yaitu Ubuntu dan Fedora. GNOME membuat kita bisa berinteraksi dengan unix-like atau operating system secara visual dengan teknologi graphical user interface

Pengembang GNOME

Dimulai di tahun 1997 oleh Miguel De Icaza dan Federico Mena Quintero yang ingin mengembangkan sebuah desktop environment untuk free software foundation.
Beberapa pengembang yang ikut berkontribusi :
 Daniel Manrique
 Gabriel Burt
 Christian Kintner
 Christoper Blizzard
 Jim Garrison
 Calum Benson
 Sebastian Granjoux
 Dan developer lainnya dari berbagai
negara, lembaga, dan komunitas.

GNOME Debian

Karena kita akan membahas GNOME pada Debian , berikut ini tampilan utama DE GNOME




Fitur-fitur GNOME Pada Debian

Seperti yang saya jelaskan di awal jelaskan setiap DE mempunyai fitur-fitur  atau komponen seperti windows manager, network manager, dll. Maka kali ini saya akan menjelaskan tentang fitur- atau komponen pada DE GNOME .

      a.    Windows Manger

Pengelolaan window pada aplikasi disini ditunjukkan melalui keberadaan tombol close minimize dan maximize pada title bar. Serta menu window yang akan muncul apabila           melakukan klik kanan pada title bar. Pada Gnome tombol-tombol tersebut ditempatkan         pada bagian kanan dari title bar.
Perpindahan antar window (aplikasi) yang sedang dibuka dapat dilakukan dengan                 menahan tombol Alt kemudian menekan tombol Tab hingga aplikasi yang akan dituju           ditampilkan.
Atau untuk berpindah antara lingkungan Desktop yang berbeda dapat menggunakan           kombinasi tombol Ctrl + Alt + panah kiri atau kanan.
Gnome memiliki banyak keyboard shortcut dan dapat diakses melalui menu Aplikasi >   Perkakas Sistem (System Tools) > Preferensi > Tatanan Sistem (System Settings) >           Papan Ketik (Keyboard) > Pintas (Shortcuts).

       b.    Display Manager
       Display Manager digunakan untuk mengelola device output seperti monitor dan                    projektor Misal mengelola resolusi tampilan.Cara menggunakannya kita pilih menu                System > Monitor.

 c.    Debian Terminal

Aplikasi ini digunakan untuk menggunakan dan berinteraksi dengan operating system       secara command line.Shortcut untuk memanggil terminal adalah Ctrl + Alt + T.    
           
      d.    Network Manager
         
       Network Manager digunakan untuk pengelolaan device jaringan seperti ethernet,                   modem, dan wi-fi. Untuk memakainya kita pilih menu yang ada di panel.Pilih System             > Preferences > Network Connections

     
 f.     Konfigurasi DE

 Ini berisikan semua konfigurasi yang mungkin dilakukan pada suatu DE. Pada                      Gnome fitur ini disematkan pada aplikasi Gnome Control Center. Di dalamnya                      terdapat sejumlah pengaturan konfigurasi untuk personalisasi, perangkat keras dan              sistem. Aplikasi ini dapat diakses melalui menu Aplikasi > Perkakas Sistem >                        Preferensi > Tatanan Sistem.

  g.    Session Manager

Ini merupakan fitur Gnome untuk melakukan logout, suspend, restart dan shutdown               sistem operasi. Fitur ini dapat diakses pada menu user.

       h.     Aplikasi Pendukung
·      Text Editor : Gedit, Geany
·      Note : Tomboy Note
·      Calculator
·      Game : Solitaire, Sudoku, Enigma
·      Office : Evolution Mail, Dictionary
·      Pengolah file, seperti Nautilus.
·      Media player, seperti Totem Media Player.
·      Pengolah gambar, seperti GIMP, Inkscape.
·      Pembuka PDF, seperti Evince.





0 komentar: